Jakarta Mata adalah salah satu organ paling sensitif dan vital pada tubuh manusia. Ketika mata merasa gatal atau tidak nyaman, reaksi alami banyak orang adalah menguceknya.

Mengucek mata mungkin terlihat seperti kebiasaan kecil yang tidak berbahaya, tetapi kenyataannya bisa sangat merugikan kesehatan mata jika dilakukan berlebihan.

Di Malaysia, seorang pria harus menjalani transplantasi kornea akibat sering mengucek matanya terlalu keras. Kasus ini menjadi peringatan tentang pentingnya menjaga kesehatan mata dan menghindari kebiasaan buruk yang tampaknya sepele namun berpotensi menyebabkan kerusakan serius.

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ceritanya di bawah ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber pada Selasa (28/05/2024).

Bahaya Sering Kucek Mata Berlebihan

Muhammad Zabidi telah menderita alergi selama hidupnya. Saat masih kecil, dia sering mengucek matanya hingga memerah, namun ketika memasuki masa remajanya hal ini menjadi masalah yang serius.

Pada usia 15 tahun, ia mulai mengalami penglihatan kabur di mata kanannya, dan keadaannya semakin memburuk seiring berjalannya waktu. Ketika dia memutuskan untuk menemui dokter mengenai masalah ini, dia diberitahu bahwa kornea matanya tergores parah karena terus-menerus menggosok mata dan dia membutuhkan kornea yang baru untuk mengembalikan penglihatannya yang sempurna.

“Sejak kecil saya suka mengucek mata karena saya punya alergi. Kadang saya mengucek mata sampai merah,” kata Zabidi dalam video TikTok yang viral. “Saya menyadari penglihatan saya mulai kabur pada usia 15 tahun. Seiring berjalannya waktu, penglihatan saya semakin kabur. Saat saya berusia 21 tahun, sudah ada bekas luka di kornea mata saya.”

Menjalani Transplantasi Kornea

Pria muda tersebut baru-baru ini menjalani transplantasi kornea, suatu tindakan dimana kornea yang rusak diangkat dan diganti dengan yang baru. Dia dibius total, jadi tidak ada rasa sakit, tapi waktu pemulihannya cukup lama. Dokter Muhammad memberitahu bahwa dia baru bisa membuka matanya dalam beberapa bulan, tapi butuh waktu bertahun-tahun untuk pulih sepenuhnya.

“Saat ini kondisi saya stabil, namun mata kanan saya masih belum bisa terbuka. Dokter bilang mungkin butuh waktu 2 bulan untuk membukanya, dan butuh waktu 2 tahun sampai saya pulih sepenuhnya,” kata Zabidi.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata