Jakarta – Mayapada Hospital Jakarta Selatan mendapatkan akreditasi Joint Commission International (JCI), yaitu akreditasi yang telah diakui secara internasional sebagai standar tertinggi untuk lembaga kesehatan. Akreditasi ini menandakan Mayapada Hospital patuh pada protokol internasional dan standar kualitas internasional, dengan mengutamakan mutu, keselamatan, serta pengalaman pasien (patient experience).
Sebelumnya, Mayapada Hospital Jakarta Selatan juga sudah memiliki akreditasi PARIPURNA dari salah satu lembaga yang ditunjuk oleh Kemenkes, pada akhir tahun 2023.

“Untuk mencapai akreditasi JCI, institusi atau penyedia layanan kesehatan harus melalui penilaian performa yang nyata berdasarkan standar internasional yang ketat. Kesuksesan pencapaian akreditasi JCI oleh Mayapada Hospital Jakarta Selatan menegaskan komitmen kuat dari manajemen terhadap keselamatan pasien dan kualitas layanan, serta dedikasi tanpa henti dari seluruh staf dalam memberikan layanan yang unggul,” ujar Managing Director Asia Pacific Joint Commission International John Yoon dalam keterangan tertulis, Kamis (21/3/2024).

“Selamat kepada Mayapada Hospital! Anda telah menunjukkan teamwork dan upaya kolektif yang luar biasa, serta memastikan perawatan penuh kasih kepada setiap pasien dengan standar kualitas dan keamanan tertinggi. Kami sangat menantikan kolaborasi selanjutnya bersama Mayapada Hospital untuk meningkatkan layanan kesehatan di Indonesia dan seluas-luasnya,” sambungnya.

Sementara Chairman & Group CEO Mayapada Healthcare Group Jonathan Tahir mengatakan pihaknya terus berkomitmen memberikan pelayanan yang terbaik bagi pasien. Ia menyebut standar akreditasi JCI nantinya diberlakukan di seluruh unit Mayapada Hospital.

“Misi Mayapada Healthcare Group adalah konsisten memberikan layanan kesehatan berstandar internasional kepada setiap pasien terutama melalui layanan unggulan Mayapada Hospital seperti penanganan kanker, jantung, saraf, tulang, saluran cerna, dan lainnya. Selanjutnya Standar akreditasi JCI akan menjadi tolok ukur bagi kami dan akan diberlakukan di seluruh unit Mayapada Hospital tanpa terkecuali. Dengan demikian, setiap unit Mayapada Hospital memiliki kualitas layanan yang seragam dan berstandar internasional, sehingga pasien tidak perlu jauh-jauh berobat ke luar negeri. Kami yakin kepercayaan masyarakat kepada Mayapada Hospital akan semakin meningkat dengan standardisasi layanan kami yang ketat dan sudah teruji secara global,” katanya.

“Mayapada Healthcare Group terus melakukan continuous improvement, di mana selalu memusatkan dan melibatkan pasien di setiap langkah perawatan (patient centric) dan mengutamakan patient experience dengan mengedepankan sinergi perawatan untuk pasien melalui kolaborasi antartim profesional dari multidisiplin, keperawatan dan penunjang medis di berbagai layanan unggulan di unit-unit Mayapada Hospital,” lanjutnya.

Jonathan menambahkan penerapan standar akreditasi JCI di Mayapada Hospital Jakarta Selatan menghadirkan berbagai keunggulan layanan untuk kebutuhan pada pasien. Dengan begitu, pasien mendapatkan pengalaman berobat yang aman, nyaman dan memuaskan.

Seperti di layanan Oncology Center misalnya, diagnosis kanker pada pasien dapat ditegakkan sesuai dengan standar protokol internasional. Sedangkan pada Mayapada Healthcare Group, terdapat tumor board untuk memberikan rencana perawatan yang tepat.

Sementara untuk mendampingi pasien dalam menjalani perawatan kanker, Oncology Center menghadirkan layanan patient navigator beranggotakan tim medis dan penunjang medis yang memiliki kompetensi dalam menangani kanker.

Selain itu, untuk layanan penanganan kasus saraf, Tahir Neuroscience Center Mayapada Healthcare Group telah mengimplementasikan code stroke untuk penanganan kasus stroke. Sedangkan untuk penanganan kasus jantung, Cardiovascular Center Mayapada Healthcare Group juga memiliki Clinical Guidelines untuk operasi CABG, atau yang sering disebut operasi bypass.

Di sisi lain, Hospital Director Mayapada Hospital Jakarta Selatan, dr. Fiktorius Kuludong MM menyampaikan JCI merupakan lembaga independen berbasis di Amerika Serikat yang memberikan akreditasi dan sertifikasi kepada institusi kesehatan di seluruh dunia. Di Indonesia, hanya 24 rumah sakit yang memiliki akreditasi JCI, salah satunya Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

“Akreditasi JCI yang kami dapatkan adalah bukti komitmen kami terhadap mutu melalui penerapan layanan kesehatan berkelas dunia, patient-centered care dengan mendengarkan kebutuhan pasien, memastikan dan meningkatkan keselamatan, kenyamanan, dan kepuasan pasien. Komitmen kuat ini selalu diimplementasikan di Mayapada Hospital Jakarta Selatan sehingga kami pun yakin Mayapada Hospital Jakarta Selatan mampu melewati semua proses rangkaian asesmen dari Tim Surveyor JCI,” paparnya.

Keunggulan layanan yang dihadirkan Mayapada Hospital Jakarta Selatan pun disampaikan ole salah seorang keluarga pasien. Ia pun berbagi pengalamannya selama mendampingi pasien berobat di Mayapada Hospital Jakarta Selatan.

Saat itu, pasien baru selesai menjalani operasi minimal invasif pada prostat dan ditangani oleh dokter spesialis urologi konsultan onkologi dr. Syamsu Hudaya, Sp.U (K). Pasien merasakan keluhan nyeri hebat dan sulit untuk buang air kecil hingga harus datang ke IGD Mayapada Hospital Jakarta Selatan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

“Sampai di IGD, semua suster dan dokter cekatan, (suami saya) didiagnosa, kemudian harus (mendapatkan penanganan lanjutan) operasi. Saya melihat bagaimana cara kerja perawat dan dokter-dokter di sini menangani dengan cepat dengan peralatan yang sangat canggih. Sampai di ruangan (setelah berhasil menjalani operasi), kami dilayani oleh perawat-perawat, cleaning service, dan dokter-dokter yang ramah bahkan sampai makanan (yang disajikan) rasanya seperti di hotel bintang lima. Terima kasih Mayapada Hospital Jakarta Selatan,” pungkasnya.

Baca artikel detikHealth, “Mayapada Hospital Jakarta Selatan Kantongi Akreditasi Internasional JCI” selengkapnya https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-7254400/mayapada-hospital-jakarta-selatan-kantongi-akreditasi-internasional-jci.

Download Apps Detikcom Sekarang https://apps.detik.com/detik/