Kadar hemoglobin ibu hamil harus optimal selama kehamilan, agar janin mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Ya, hemoglobin adalah protein yang ditemukan dalam sel darah merah, yang bertanggung jawab membawa oksigen ke seluruh tubuh, Moms.
Selama hamil, volume darah dalam tubuh Anda akan naik hingga 50 persen. Sehingga ibu hamil harus makan makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan darah dan memastikan bahwa kadar hemoglobin tetap stabil.
Sebab, hemoglobin cenderung menurun di pertengahan trimester satu, dan akan mencapai titik terendahnya pada trimester kedua. Jika ini dibiarkan maka akan menyebabkan anemia, efeknya tubuh pun akan mudah lelah dan letih.
Sehingga, Anda harus meningkatkan kadar hemoglobin supaya bisa terhindar dari anemia. Bagaimana caranya? Berikut penjelasannya.

Beberapa Cara Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil

1. Makan Makanan Kaya Zat Besi
Cara Meningkatkan Kadar Hemoglobin pada Ibu Hamil Foto: Freepik
Jika kadar hemoglobin Anda tepat di bawah tingkat ideal, maka tingkatkan asupan makanan yang kaya zat besi. Mengutip National Institute of Health, ibu hamil memerlukan 27 mg zat besi dalam sehari, Moms.
Untuk memenuhinya, Anda bisa makan makanan bergizi seperti sayuran yang terdiri dari bayam, lobak, kacang polong, brokoli, kangkung, paprika hijau, kubis, dan tomat. Anda juga bisa makan buah-buahan tinggi zat besi seperti jeruk dan apel.
Buah-buahan kering seperti kismis dan kurma juga sangat bagus, sebab sumber zat besi yang baik bagi ibu hamil. Anda juga bisa makan sereal, roti, oatmeal, telur, ayam, daging sapi, udang, kelapa, selai kacang, hingga cokelat.
2. Makan Makanan Kaya Vitamin C
Susu stroberi Foto: Shutter Stock
Vitamin C dapat membantu menyerap zat besi dari makanan yang Anda konsumsi. Sehingga, dapat menghasilkan lebih banyak hemoglobin dalam tubuh Anda. Beberapa sumber vitamin C yang bisa Anda konsumsi seperti kembang kol, melon, stroberi, dan kentang.
3. Suplemen Zat Besi
Ilustrasi ibu hamil minum obat atau vitamin. Foto: Shutterstock
Dokter biasanya akan meresepkan suplemen zat besi berdasarkan jumlah hemoglobin yang ada dalam tubuh Anda dan juga trimester kehamilan. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), dengan mengkonsumsi suplemen zat besi yang tepat, maka dapat membantu mencegah risiko anemia pada ibu hamil.
4. Jangan Makan Makanan yang Mempersulit Penyerapan Zat Besi
Ilustrasi kopi lemon. Foto: Shutter Stock
Saat minum suplemen zat besi, jangan mengkonsumsi makanan yang dapat menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh Anda. Jadi beri jeda beberapa saat sebelum Anda mengkonsumsinya. Beberapa makanan tersebut seperti keju, yoghurt, es krim, susu, teh, dan kopi.
5. Olahraga
Ibu Hamil Olahraga Jalan Kaki Foto: Shutter Stock

zoom-in-white
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kadar hemoglobin adalah dengan berolahraga. Saat berolahraga, tubuh akan memproduksi lebih banyak hemoglobin untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang semakin meningkat. Pilihlah olahraga yang aman dan ringan, serta direkomendasikan oleh dokter kandungan Anda, Moms.