Sebuah layanan percontohan transfer ambulans lintas batas yang dirancang untuk memindahkan pasien Hong Kong dari rumah sakit Tiongkok daratan dan Makau untuk mendapatkan perawatan juga akan digunakan untuk mengangkut non-penduduk dalam misi belas kasihan perawatan medis, kata menteri kesehatan.
Lo Chung-mau, Menteri Kesehatan, menyampaikan hal tersebut ketika skema percontohan sedang dipersiapkan untuk diluncurkan, mungkin pada akhir bulan ini atau awal Mei.

“Pengaturan ambulans lintas batas langsung tidak hanya terbatas pada warga Hong Kong,” katanya usai sesi pertukaran di ruang depan dengan anggota Dewan Legislatif.

“Kita harus mempertimbangkan kebutuhan siapa pun yang memiliki kebutuhan medis, bahkan mereka yang bukan penduduk Hong Kong.”

Pengumuman tersebut menandakan perubahan dalam cakupan skema Greater Bay Area – kepala eksekutif sebelumnya Carrie Lam Cheng Yuet-ngor pada tahun 2019 mengatakan layanan yang diusulkan hanya untuk warga Hongkong.
Kawasan teluk adalah rencana Beijing untuk menghubungkan Hong dan Makau dengan sembilan kota di daratan selatan untuk menciptakan kekuatan ekonomi.

Lo mengatakan pihak berwenang hanya akan mempertimbangkan kesejahteraan pasien dan mengabaikan asal mereka yang membutuhkan perawatan.

Dia menambahkan bahwa warga Hongkong dan non-Hongkong mungkin memerlukan layanan medis lintas batas, karena beberapa perawatan, seperti pengobatan untuk penyakit jantung serius atau kondisi anak, tersedia di Hong Kong tetapi tidak di kota-kota tetangga.

Lo mengatakan beberapa pasien di Makau telah dirujuk ke pusat kesehatan Hong Kong untuk mendapatkan layanan medis.
“Hong Kong memiliki layanan medis yang berkualitas – jika kami memiliki kapasitas di wilayah tertentu, kami akan membantu kota-kota tetangga dan penduduknya,” janjinya. “Saya tidak melihat perlunya mengesampingkan kemungkinan ini.”

Lo membenarkan skema uji coba yang akan berjalan selama satu tahun itu diperkirakan akan dimulai dalam beberapa minggu ke depan.

Layanan ambulans lintas batas pertama kali dicantumkan dalam Garis Besar Rencana Pembangunan Wilayah Teluk Besar Guangdong-Hong Kong-Macau, yang diterbitkan oleh Beijing pada tahun 2019.

Lam mengatakan kepada anggota parlemen pada tahun 2019 bahwa rencana tersebut hanya diperuntukkan bagi warga Hong Kong yang tinggal di seberang perbatasan.

Kelompok dokter dan pasien mengatakan pada saat itu mereka khawatir bahwa memasukkan warga non-Hongkong dalam program ini akan meningkatkan beban pada rumah sakit umum di kota tersebut.

Rincian terbaru mengenai skema tersebut, yang diserahkan oleh Biro Kesehatan kepada Legco pada hari Selasa, mengatakan bahwa Rumah Sakit Universitas Hong Kong-Shenzhen di daratan dan Centro Hospitalar Conde de São Januário di Makau akan menjadi yang pertama mengirim pasien dengan kebutuhan medis khusus ke rumah sakit. Hongkong.

Layanan ini akan memungkinkan perpindahan titik-ke-titik melintasi perbatasan antara rumah sakit yang ditunjuk, tidak seperti pengaturan saat ini di mana pasien dialihkan ke ambulans Hong Kong setelah mereka dibawa ke garis batas dengan kendaraan dari daratan.

Lo mengatakan pengaturan yang ada saat ini “jauh dari memuaskan” karena menimbulkan kekhawatiran mengenai keselamatan dan kualitas layanan bagi pasien.

Biro tersebut mengatakan para dokter akan mempertimbangkan beberapa kriteria sebelum mereka memutuskan untuk memindahkan pasien ke Hong Kong. Hal ini termasuk apakah pasien mempunyai kondisi klinis yang memerlukan transfer lintas negara untuk pengobatan atau rehabilitasi.

Perjalanan tersebut juga tidak boleh menimbulkan risiko tambahan bagi pasien dan pasien yang dipindahkan harus tidak cocok untuk jenis transportasi lintas batas lainnya.

Pasien yang dapat segera dipulangkan, atau dapat terus dirawat di rumah sakit daratan atau Makau, tidak memenuhi syarat untuk transfer lintas batas negara. Biro tersebut mengatakan, perkiraan kasus yang memenuhi syarat untuk skema ini akan berjumlah puluhan kasus setiap tahunnya.

Lo mengatakan pemerintah sedang menyusun pengaturan untuk memastikan kendaraan, tenaga medis, peralatan dan obat-obatan yang digunakan legal untuk digunakan di kedua sisi perbatasan.

Dokter di daratan dan Makau yang mendampingi pasien dalam transfer ambulans juga akan diberikan status pendaftaran terbatas oleh Dewan Medis Hong Kong agar mereka dapat melakukan prosedur medis di ambulans secara legal saat bergerak melintasi kota.

Anggota dewan Alex Lam Chi-yau mengatakan sekitar 10 dokter dari masing-masing dua rumah sakit di Shenzhen dan Makau akan mengajukan permohonan pendaftaran terbatas.

Lam, yang juga ketua kelompok kampanye Suara Pasien Hong Kong, setuju bahwa penyelamatan nyawa harus menjadi prioritas untuk layanan baru ini.

Dia mengatakan pemerintah dapat mempertimbangkan penerapan opsi untuk mengirim pasien non-Hongkong ke rumah sakit swasta di kota tersebut, mengingat mereka sudah harus membayar biaya yang lebih mahal untuk pasien non-lokal di rumah sakit umum setelah dipindahkan.

“Jika mereka mampu membayar biayanya, mengapa mereka tidak pergi ke rumah sakit swasta?” Dia bertanya.

Tim Pang Hung-cheong, dari kelompok kampanye Society for Community Organisation, menyerukan rincian lebih lanjut tentang jenis pasien apa yang memenuhi syarat untuk dipulangkan.

Dr David Christopher Lung, presiden Asosiasi Dokter Umum Hong Kong, memperkirakan hanya sejumlah kecil warga non-Hongkong yang akan menggunakan layanan ambulans, berdasarkan pengalaman saat ini dalam merawat pasien yang dirujuk dari Makau.

Ia mengatakan, warga non-residen yang datang ke Hong Kong biasanya memerlukan perawatan lanjutan seperti transplantasi sumsum tulang atau pengobatan penyakit langka.

Lung menambahkan bahwa dokter juga dapat memperoleh manfaat dari pengalaman yang diperoleh melalui pengobatan kondisi yang langka dan sulit.

“Mengobati mereka juga dapat membantu dokter, yang dapat belajar dari lebih banyak kasus,” kata Lung.