Bagi ibu hamil, membicarakan tentang perkembangan janin tampaknya jadi salah satu topik yang selalu menarik dibahas. Apalagi, bila ini adalah kali pertama Anda menanti kelahiran bayi, Moms. Mulai dari pertumbuhan tubuhnya, perkembangan otak hingga detak jantung janin.
Ya Moms, bagi seorang ibu, mendengar detak jantung bayi biasanya jadi momen yang mengharukan. Ada perasaan deg-degan hingga bahagia, karena bisa merasakan adanya kehidupan di perut Anda. Selain itu, ada 4 fakta unik lainnya tentang detak jantung janin, seperti dikutip dari Parenting First Cry ini.

1. Terdengar Jelas di Usia Kehamilan 10-12 Minggu

Umumnya suara detak yang terdengar pada usia 6-8 minggu kehamilan bukanlah berasal dari janin, melainkan di daerah yang akan menjadi jantung si kecil nanti, Moms. Detak jantung janin benar-benar akan terdengar ketika kehamilan Anda memasuki usia 10-12 minggu, Moms.

2. Detak Jantung Janin Bisa Dihitung

Detak jantung janin ternyata juga bisa dihitung secara sederhana. Anda hanya perlu menghitung jumlah detak jantung dalam 15 detik dan kalikan 4 setiap detak jantung yang Anda dengar selama satu menit. Anda juga bisa menghitung detak jantung selama 10 atau 20 detik dan kalikan dengan 6 selama satu menit, Moms.

3. Detak Jantung Normal Janin adalah 120-160 BPM

Umumnya, detak jantung janin yang normal adalah antara 120 sampai dengan 160 denyut jantung per menit (BPM). Tetapi angka ini masih bisa berubah sesuai dengan pergerakan janin. Detak jantung si kecil mungkin akan berfluktuasi sepanjang hari bahkan naik hingga 180 atau 190 BPM.

4. Seperti Derap Kuda

Banyak ibu yang mengatakan bahwa detak jantung janin terdengar seperti derap langkah kuda yang berlari kencang. Ya, bunyi detak jantung janin sekilas memang terdengar seperti itu. Jika Anda punya stetoskop di rumah, Anda bisa mendengarkan detak jantung janin sendiri di rumah.