Setiap bayi memiliki keunikan masing-masing. Keunikan tersebut bisa difaktori oleh berbagai hal, salah satunya jenis kelamin. Ya Moms, meski memiliki tonggak perkembangan yang kurang lebih sama, bayi laki-laki dan bayi perempuan juga memiliki perbedaan, mulai dari fisik, cara perawatan, hingga perilakunya.
Mengutip What to Expect, perbedaan utama antara bayi laki-laki dan bayi perempuan dapat dilihat dari tinggi badan, berat badan, keterampilan berbicara, dan kemampuannya untuk bergerak. Selain itu, ada beberapa fakta unik lain dari bayi laki-laki yang mungkin jarang diketahui orang tua. Apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini sebagaimana dikutip dari Baby Gaga.

Fakta-fakta Unik Soal Bayi Laki-laki

Ilustrasi bayi laki-laki sering buang air kecil. Foto: Getty Images
1. Lebih Sering Buang Air Kecil
Bayi laki-laki cenderung lebih sering buang air kecil dibanding bayi perempuan. Pada bayi laki-laki, buang air kecil merupakan respons otomatis saat si kecil berganti popok. Ketika popok kotornya dilepas, akan ada aliran udara dingin yang mengenai perut dan alat kelaminnya, sehingga tubuh akan memberi respons dengan mengeluarkan urine.
Orang tua disarankan untuk langsung meletakkan popok baru di atas alat kelamin bayi laki-laki saat mengganti popoknya untuk menahan urine yang mungkin akan langsung keluar.
2. Mencoba Menyentuh Alat Kelaminnya
Pada usia antara 4 – 6 bulan, bayi laki-laki akan mulai mencoba menyentuh alat kelaminnya dengan sengaja. Hal itu umumnya merupakan sesuatu yang normal meski bagi sebagian orang tua terlihat kurang nyaman. Sentuhan itu bisa berlangsung sampai si kecil berusia antara 5 – 6 tahun.
3. Model Pakaian yang Membosankan
Ilustrasi bayi laki-laki. Foto: 2p2play/Shutterstock

Beda dengan bayi perempuan yang bisa memakai pakaian model apa pun, pakaian untuk bayi laki-laki memiliki model yang itu-itu saja dan cenderung membosankan. Ya Moms, saat membeli baju baru untuk bayi laki-laki, Anda mungkin memiliki pilihan yang lebih terbatas karena si kecil hanya butuh baju dan celana.
Meski begitu, bagi sebagian orang tua hal itu justru menyenangkan karena terasa lebih mudah dan tidak ribet saat berbelanja.
4. Cenderung Lebih Sulit saat Memilih Nama
Selain dalam hal pakaian, hal yang yang membuat bayi laki-laki dan bayi perempuan terlihat berbeda adalah dalam hal pemberian nama. Ya Moms, bagi sebagian orang tua, memberi nama untuk bayi laki-laki cenderung lebih sulit karena pilihannya juga terbatas. Misalnya saja, bayi perempuan mungkin bisa diberi nama dari nama-nama bunga, sedangkan laki-laki mungkin tidak bisa.
Jika Anda mengalami kesulitan dalam memberikan nama untuk bayi laki-laki, Anda mungkin bisa menentukan nama panggilannya terlebih dahulu, kemudian memadukannya dengan nama keluarga. Selain itu, Anda juga bisa melihat nama untuk laki-laki yang populer, seperti nama seorang tokoh terkenal atau nama dari film.
5. Pertimbangkan Soal Khitan
Khitan atau sunat bukan hanya bagian dari tradisi atau ritual agama, tetapi juga diakui oleh medis sebagai cara untuk menjaga kesehatan laki-laki. Di Amerika Serikat misalnya, bayi laki-laki yang baru lahir akan disunat terlebih dahulu sebelum diberikan pada ibunya.
Sebuah studi juga menunjukkan bahwa bayi laki-laki yang dikhitan cenderung memiliki risiko terkena infeksi saluran kemih lebih rendah dibanding bayi yang tidak dikhitan.