Desa Tratebang, Pekalongan, (04/08/2024) – Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tim II Universitas Diponegoro tahun 2023/2024 dipimpin oleh Yasmin Tsabitah Nauli dari program studi Keperawatan melaksanakan program monodisiplin II dengan tema “Edukasi Mengenai Akibat dari Postur Duduk yang Salah.” di SD Desa Tratebang.
Kegiatan ini dilaksanakan di SD Desa Tratebang dan dihadiri oleh 150 Siswa-Siswi SD Tratebang. Pelaksanaan program kerja ini meliputi pemberian materi dan leaflet mengenai edukasi bahayanya posisi duduk yang salah terhadap kesehatan tulang. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian contoh bagaimana cara duduk yang benar.
Tujuan program monodisiplin ini adalah untuk memberikan informasi dan meningkatkan pemahaman mengenai bagaimana pengaruh duduk terhadap kesehatan tulang serta risiko-risiko kesehatan yang dapat terjadi apabila duduk dengan cara yang salah.
Kegiatan ini berjalan dengan lancar dan Siswa-Siswsi SD Desa Tratebang sangat antusias dalam mengikuti setiap kegiatan. Di akhir sesi pembelajaran dilakukan sesi tanya-jawab dan pembagian kuis berhadiah seputar materi pengertian postur tubuh, serta bahayanya apabila duduk dengan posisi yang salah terhadap kondisi tulang.
Sesi tanya jawab dan pembagian hadiah
Dengan adanya kegiatan edukasi dan peningkatan pemahaman mengenai postur tubuh yang salah pada Siswa-Siswi SD Desa Tratebang diharapkan agar para Siswa-Siswi SD Desa Tratebang menyadari mengenai bahaya posisi duduk yang salah, serta dapat duduk dengan posisi yang benar untuk menjaga kesehatan tulang.